About Us

Apa itu CMCC ?

Sebuah kompetisi peradilan semu dari kerjasama antar Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dengan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara. Peradilan Semu Konstitusi ini merupakan satu-satunya peradilan semu dalam bidang peradilan Konstitusi tingkat nasional di Indonesia. 

Tujuan CMCC

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pendidikan hukum yang tidak hanya mendalami teori melainkan dapat diaktualisasi dalam praktik kehidupan. Mahasiswa ditantang untuk berpikir dan analisis secara kritis terhadap permasalahan hukum yan diberkembang di tengah masyrakat. Dimana perselisihan akan diselesaikan sesuai dengan kaidah-kaidah hukum yang semestinya.

Sejarah CMCC

Constitutional Moot Court Competition atau CMCC merupakan Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Tingkat Nasional Piala Ketua Mahkamah Konstitusi yang didadakan pertama kali oleh Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi di tahun 2015.

Video Review CMCC V 2018

2021

Constitutional Moot Court Competition VII

Mahkamah Konstitusi kembali menyelenggarakan Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi VII Tingkat Nasional Piala Ketua Mahkamah Konstitusi tahun 2021 untuk ke-tujuh kalinya yang merupakan kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara.